Program Studi Independen

program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industry yang menyediakan pengetahuan dan keterampilan dengan tingkat relevansi tinggi di dunia kerja dan dunia usaha dalam bentuk kursus singkat (short course), kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan lainnya, yang dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi bersama dengan sesama peserta maupun personil organisasi mitra dalam suatu proyek atau studi kasus. Berikut ini adalah 6 karakteristik studi independen bersertifikat Kampus Merdeka:

  1. Metode pembelajaran yang berbasis proyek riil dan dikerjakan bersama kelompok;
  2. Mahasiswa diberikan modul pembelajaran yang relevan dengan bimbingan dedicated prosesional mentor (25 mahasiswa minimal didampingi 1 mentor);
  3. Metode pembelajaran harus ada porsi synchronous, dimana mahasiswa berinteraksi secara langsung dengan pengajar, mentor, dan mahasiswa lainnya
  4. Jam pembelajaran 16 minggu lebih atau 560 jam kumulatif hingga 24 minggu lebih atau 840 jam kumulatif;
  5. Kurikulum pembelajaran juga termasuk pengembangan soft skill yang terkait dengan bidang ilmu yang diajarkan;
  6. Mahasiswa diberikan sertifikasi jika dinyatakan lolos evaluasi dan diberikan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi rekananan dari penyedia studi independen.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui kerja sama antara Kemendikbudristek DIKTI dengan perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintahan maupun perusahaan rintisas (startup) melalui sebuah tahapan diskusi, penyusunan program bersama dan proses seleksi dari tim reviewer independen untuk memastikan program berkualitas tinggi.

..:: Buku Panduan Studi Independen ::..